Amalan Yang Bisa Menghapus Dosa
Renungan

Amalan Yang Bisa Menghapus Dosa

Spread the love

As-Ansar – Manusia tidak lepas dari dosa karena dalam khadis dijelaskan bahwa setiap anak turun nabi Adam pasti melakukan kesalahan. Akan tetapi hal ini tidak boleh menjadi alasan bagi kita untuk seenaknya melakukan dosa karena akibat dari dosa yang sudah kita lakukan akan berakibat fatal yaitu kita akan dimasukkan kedalam neraka. Oleh karena itu sebelum kita menyesal dikemudian hari kita harus menghapus dosa yang sudah kita lakukan pada saat di dunia. Karena pada saat di akhirot dosa yang kita lakukan sudah tidak bisa dihapus dan akan dibandingkan dengan amalan baik kita, jika amalan baik kita lebih sedikit dari pada dosa yang kita kerjakan maka hal itu akan membuat kita dimasukkan kedalam neraka. Hal ini tentunya tidak kita inginkan karena semua manusia pastinya ingin masuk ke dalam surga.

Untuk bisa masuk kedalam surga kita harus memperbanyak amalan kita dan mengurangi dosa kita. Ada suatu amalan yang bisa menambah pahala kita dan juga bisa mengurangi dosa yang sudah kita kerjakan. Amalan itu diantaranya:

  • Taubat

Taubat merupakan hal yang biasanya sangat jarang dilakukan oleh manusia. Hal ini dikarenakan kebanyakan manusia malu untuk bertaubat karena takut aibnya terbongkar, malu mengakui kesalahan mereka dan banyak lagi alasan yang membuat manusia enggan untuk bertaubat. Padahal taubat ini merupakan sesuatu amalan yang sangat disukai oleh Allah. Selain taubat bisa menguarngi dosa kita taubat juga bisa menambah pahala kita sehingga kita akan mendapatkan manfaat yang berlipat-lipat.

  • Sedekah

Sedekah juga bisa mengurangi dosa kita hal ini pernah disabdakan oleh nabi Muhammad SAW yang berbunyi sedekah melebur kesalahan. Oleh karena itu kita harus selalu menyisikan harta kita untuk disedekakan ke masjid, kaum dhuafa’ dan kepada orang-orang yang membutuhkan. Selain itu ada juga sedekah yang membuat amalan kita tidak henti-henti mengalir meskipun kita sudah tiada yaitu sedekah jariyah. Sedekah jariyah sendiri contohnya seperti kita sedekah membangun masjid yang mana jika masjid itu tetap digunakan untuk ibadah pada saat kita sudah tiada maka kita tetap mendapat aliran pahala dari orang yang beribadah di masjid tersebut.

  • Sholat

Sholat merupakan suatu kuwajiban bagi umat islam yang mana sholat ini juga termasuk dari rukun iman. Jika kita mengerjakan sholat selain kita memenuhi kuwajiban kita juga mendatkan pahala dari Allah. Selain itu dengan kita melakukan sholat terutama sholat wajib dengan tertib dan dengan tepat waktu maka hal ini akan bisa melebur dosa yang sudah kita kerjakan.

Amalan yang sudah diterangkan di atas merupakan amalan yang bisa melebur dosa-dosa kita. Akan tetapi tidak semua dosa bisa dilebur dengan amalan tersebut. Dosa yang dilebur dari amalan tersebut merupakan dosa-dosa yang kecil saja. Sedangkan dosa-dosa yang sebar ada mekanismenya tersendiri untuk melebur atau menghapusnya. Seperti halnya dosa berzina tidak bisa dilebur begitu saja akan tetapi harus ditaubati. Taubat dari berzina yaitu jika kita melakukan zina pada saat kita masih perjaka atau belum pernah menikah maka kita dicambuk selama 100 kali dan diasingkan selama 1 tahun. Sedangkan jika kita melakukan dosa zina pada saat kita sudah menikah atau sudah pernah menikah maka kita diranjam sampai kita mati. Oleh karena itu jangan sampai kita melakukan dosa-dosa besar karena taubatnya sangat berat. Dengan adanya ketentuan taubat ini membuat kita bisa berfikir sebelum melakukan dosa yang akan kita kerjakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *