Generasi Muda Harapan Bangsa
Berita

Generasi Muda Harapan Bangsa

Spread the love

Siapakah yang bisa disebut generasi muda? Generasi muda adalah seorang laki laki atau perempuan yang sudah mencapai tahap dewasa.

Pada Usia ke 18 Tahun Seorang Anak Disebut Telah Dewasa

Tahap dewasa dalam hal ini adalah yang sudah mencapai umur 18 tahun. Laki laki mupun perempuan yang udah bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Mana yang bisa dicontoh mana yang tidak bisa contoh. Ketika kita sudah mencapai tahapan dewasa, agama merupakan bekal dan merupakan benteng agar generasi penerus bangsa tidak mudah terjerumus ke dalam hal-hal negatif dan terpengaruh lingkungan yang tidak baik. Pendidikan agama harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak, agar mereka tumbuh menjadi generasi dengan kepribadian baik dan berkarakter. Agama merupakan fondasi kehidupan, sehingga harus ditanamkan dengan kuat. Anak-anak harus diajarkan agar takut kepada Tuhannya, takut akan dosa. Sehingga ketika dewasa kelak akan tumbuh sebagai pribadi yang taat kepada Tuhan yang selalu melihat dan mengawasi setiap umatnya.

Kehidupan milenial sekarang penuh dengan gaya hedonisme dan berkiblat pada budaya barat yang sebenarnya tidak cocok dengan kita yang hidup dengan budaya timur. Budaya barat dianut tanpa disaring terlebih dahulu, dipilih mana yang baik untuk diikuti mana yang tidak baik untuk diikuti. Artis-artis yang banyak dijadikan panutan oleh generasi muda justru memberikan contoh yang buruk bagi pemuda generasi bangsa. Banyak artis yang tertangkap karena menggunakan barang haram seperti narkoba sabu dan minuman keras. Hanya karena ingin disebut hits dan mengikuti jaman, generasi muda sekarang tumbuh menjadi generasi yang tidak santun, kurang peka terhadap sesama dan bahkan tidak mempunyai rasa takut akan dosa. Pergaulan jaman sekarang sudah dalam taraf yang mengkhawatirkan. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi kehidupan generasi muda yang merupakan harapan bangsa. Dan agama merupakan benteng bagi setiap manusia.

Bagi yang beragama islam, islam merupakan rahmatan lil alamin atau rahmat bagi alam semesta. Islam datang untuk memperbaiki kehidupan manusia khususnya akhlak. Sebagai kitab suci umat islam, al quran merupakan pengatur kehidupan manusia, mulai dari hal yang paling mendasar, semuanya sudah tercatat di dalam al quran. Al quran bukanlah sekedar bacaan saja, tetapi harus di resapi makna yang ada di dalamnya. Sudah sewajarnya kita sebagai umat islam menjadikan agama sebagai benteng dan al quran sebagai penuntun kita dalam menjalani kehidupan.

Generasi Muda Harus Memiliki Pendidikan Agama Yang Kuat

Jangan sampai hanya karena kita ingin dianggap gaul dan mengikuti jaman, kita menjadi lupa akan ajaran agama, lupa akan dosa bahkan lupa bahwa ada Allah SWT, Tuhan kita yang senantiasa melihat dan mengawasi apa yang umatnya perbuat. Generasi muda haruslah memiliki pendidikan agama yang kuat dan ditanamkan sedari kecil. Jika kita sudah mengetahui ketentuan dan hokum dalam agama dan al quran bukan malah meninggalkan ketentuan dan hukum yang sudah ada di agama islam dan tertulis dalam alquran.

Sudah seyogyanya kita sebagai generasi muda harapan bangsa, tidak mudah terjerumus kepada hal hal yang berbau negatif dan terpengaruh budaya barat yang tidak cocok dengan budaya kita. Sebagai generasi muda kita mempunyai kewajiban untuk membawa bangsa menjadi lebih baik dan lebih maju, tidak terkalahkan oleh bangs lain. Jadilah generasi muda dengan ahlak dan kepribadian yang baik, berkarakter serta takut kepada Tuhan. Sehingga kita bisa menjadi generasi muda yang membanggakan bagi bangsa ini. Semoga sedikit ulasan ini berguna dan menyadarkan generasi muda sekarang agar tidak terjerumus kepada hal yang tidak baik.