Hal Yang Tak Terduga Dibalik Pekerjaan Rumah Tangga
Inspirasi

Hal Yang Tak Terduga Dibalik Pekerjaan Rumah Tangga

Spread the love

As-Ansar – Menjadi seorang istri harus bisa memenuhi kewajiban-kewajiban. Kewajiban yang utama dalam menjadi seorang istri yaitu bisa melayani suami dengan baik. Artinya para istri harus memberikan service kepada suaminya dengan baik karena jika para istri bisa melayani dengan baik maka hal ini akan membuat suami senang dan jika suami sudah senang tentunya suami akan semakin betah dengan istri selain itu akan mendapatkan pahala yang berlimpah.

Saat ini banyak sekali wanita yang merasa keberatan melayani suaminya dengan menyewa jasa pembantu yang menyelesaikan kegiatan rumah tangga. Padahal harus diketahui bahwa kegiatan rumah tangga merupakan tanggung jawab dari seorang istri. Oleh karena itu sebagai istri yang bertanggung jawab kita harus menyelesaikan kegiatan-kegiatan yang sudah menjadi tanggung jawab kita. Dalam peribasa jawa tugas istri yaitu masak, manak dan macak. Hal ini berarti tugas seorang wanita hanyalah memasakkan makanan untuk suami dan anak-anak mereka, melahirkan anak dan mendidiknya dengan baik dan bersolek yang cantic agar menyenangkan hati suami.

Sedangkan tugas suami sendiri yaitu memberikan nafka kepada anak dan istri serta menjadi imam yang baik untuk keduanya. Oleh sebab itu wanita tidak perlu bekerja mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga karena semua itu sudah menjadi tanggung jawab seorang suami. Bersih-bersih masak dan lain sebagainya memang kegiatan yang membosankan akan tetapi harus diketahui ternyata banyak manfaat pekerjaan rumah tangga menurut para psykolog diantaranya yaitu:

  • Mencuci piring

Mencuci piring merupakan kegiatan yang dilakukan oleh ibu-ibu setiap hari. Kadang jika pada saat piring maupun gelas sedang numpuk hal ini akan membuat para ibu-ibu merasa capek. Akan tetapi perlu kita ketahui ternyata mencuci piring bisa menghilangkan rasa cemas. Hal ini diutarakan langsung departemen psykologi Florida State University bahwa orang-orang yang mencuci piring dengan penuh perhatian artinya dengan memberikan sabun menyentuh piring dengan benar akan menurunkan kecemasan sebesar 27%. Oleh sebab itu bagi para ibu-ibu maupun anda yang sedang merasakan kecemasan maka cucilah piring kotor yang ada didalam dapur anda.

  • Membersikan jendela

Terkadang jendela yang kotor membuat rumah kita terlihat tidak indah dan terkesan jorok. Akan tetapi membersikan jendela juga membuat kita letih apalagi rumah yang banyak jendelanya dan jendelanya besar tentunya membutuhkan tenaga yang extra untuk membersihkanya. Akan tetapi jika kita tau manfaat membersikan jendela tentunya kita akan semangat dalam membersihkan jendela rumah kita. Selain bermanfaat agar jendela kita bersih ternyata membersihkan jendela juga bisa memperbaiki suasana hati kita.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang pada tahun 2014 meluangkan waktu 10 menit untuk membersihkan jendelan dengan menggunakan pemebrsih yang aroma jeruk bisa menurunkan ketegangan, kecemasan, depresi dan bisa membuat hati tenang. Oleh karena itu jika anda ingin mood anda selalu baik maka luangkanlah waktu anda untuk membersihkan jendela rumah anda.

Jika anda mengetahui manfaat dari kegiatan rumah tangga anda tentunya anda akan semakin semangat dalam mengurusi rumah tangga anda sehingga anda tidak perlu menyewa jasa pembantu. Selain itu anda juga bisa menjadi istri yang baik yang bisa memenuhi kebutuhan suami dan bisa mengurus rumah tangga dengan baik sehingga suami senang dan anda mendapatkan pahala yang berlimpah sesuai dengan sabda nabi Muhammad SAW bahwa kebersihan merupakan sebagaian dari iman.

One Reply to “Hal Yang Tak Terduga Dibalik Pekerjaan Rumah Tangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *