Bergaul Dengan Yang Baik Akan Membuat Kita Menjadi Baik
Sosial

Kita Akan Menjadi Baik Jika Bergaul Dengan Benar

Spread the love

As-Ansar – Saat ini banyak sekali pergaulan yang kurang baik yang dilakukan oleh remaja jaman sekarang. Saat ini banyak kita ketahui ada seorang anak yang sudah hamil, minum-minuman keras, merokok dan lain sebagagainya. Hal ini tentunya akan membuat malu para orang tua dan para orang tua akan merasa gagal dalam mendidik anak. Oleh sebab itu bagi kalian para remaja supaya pandai dalam bergaul agar kalian tidak salah bergaul yang nantinya akan berakibat buruk untuk kalian sendiri. Terkadang banyak sekali para orang tua yang menyesal akibat pergaulan buruk pada saat remaja yang membuat hidup mereka menjadi suram. Oleh sebab itu kita harus pandai-pandai dalam mencari teman bergaul karena dalam Khadis pernah dijelaskan bahwa seandainya kita bertemanan dengan penjual parfum maka secara tidak langsung kita akan terikut wangi tapi jika kita bergaul dengan tukang pandai besi maka kita akan berbau tidak enak sama seperti tukang pandai besi tersebut. Artinya jika kita bergaul dengan orang yang baik setidaknya kita akan ikut baik. Meskipun kita belum bisa menjadi baik akan tetapi kita akan selalu menjadi contoh perbuatan baik teman kita sehingga mempunyai niatan untuk meniruhnya.

Bergaul Dengan Yang Baik Akan Membuat Kita Menjadi Baik

Sedangkan bagi orang yang bergaul dengan orang-orang yang nakal atau orang-orang yang tidak baik meskipun kita awalnya baik tidak menutup kemungkinan kita akan ikut jelek karena mencontoh perbuatan teman kita. Hal ini dikarenakan kita selalu melihat perilaku yang kurang baik dari teman kita sehingga yang awalnya kita tidak melakukan perilaku tersebut kita mempunyai niatan untuk mencontohnya dan melakukannya. Selain itu citra kita juga akan buruk karena bergaul dengan orang yang kurang baik. Hal ini dikarenakan banyak orang yang memandang jelek kepada kita karena teman kita melakukan kesalahan atau melakukan perilaku yang kurang terpuji. Oleh sebab itu saat ini waktunya kita untuk memperbaiki diri kita dengan mencari teman gaul yang baik dan tidak meniru perilaku yang kurang baik teman kita.

Menjaga Pergaulan Yang Baik

Dalam bergaul tentunya kita tidak boleh pilih-pilih teman karena hal itu akan membuat kita dibenci oleh orang-orang. Hal ini terkadang membuat kita merasa bingung jika kita bergaul dengan orang-orang baik dan menjauhi teman-teman kita yang kurang baik membuat kita dikira pilih-pilih teman dan lain sebagainya. Akan tetapi dalam bergaul memang tidak ada Batasan kita boleh bergaul dengan siapa saja. Akan tetapi dalam bergaul kita harus memiliki prinsip yaitu degan tidak terpengaruh dan berpengaruh. Artinya kita tidak boleh terpengaruh teman gaul kita yang dirasa kurang baik dan harus bisa berpengaruh yang baik kepada teman kita yang kurang baik sehingga yang awalnya teman kita yang kurang baik menjadi baik karena mencontoh perilaku kita yang baik. Selain harus pandai-pandai dalam memilih teman bergaul untuk menjadi baik kita juga tidak boleh terlena dengan kecanggihan teknologi yang saat ini semakin berkemnang. Teknologi semakin lama semakin maju dan berkembang akan tetapi hal ini terkadang disalahgunakan oleh banyak anak muda untuk melakukan hal-hal yang kurang baik. Media massa banyak yang memberitakan ada anak muda yang memperkosa temannya setelah berkenalan di dunia maya seperti Facebook, Twitter dan social media yang lainya. Saat ini kita harus mengkontrol kemajuan teknologi agar kita tidak menyalagunakan teknologi tersebut yang akhirnya membuat kita terjerumus ke jalan yang tidak benar.

One Reply to “Kita Akan Menjadi Baik Jika Bergaul Dengan Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *