Manfaat ASI Bagi Ibu dan Anak
Berita

Manfaat ASI Bagi Ibu dan Anak

Spread the love

As-Ansar – Sudah terbukti dari jaman dahulu bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk bayi, bahkan tida hanya memiliki khasiat yang baik untuk anak, namun juga bagi ibu menyusui itu sendiri. Ada pula riset yang membuktikan bahwa menyusui bayi selama 6 bulan berturut-turut atau lebih dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2 bagi si ibu menyusui. Temuan tersebut adalah berdasarkan dari penelitian yang dilakukan oleh The Telegraph dalam terbitan bulan Januari lalu. Bahkan hasil riset di negara barat, Amerika serikat juga telah menganalisis ulang data dari para Wanita yang sudah terdaftar dalam data riset kesehatan jantung lebih dari sejak 30 tahun lalu. Para peneliti tersebut meneliti gaya hidup dan pola kesehatan mereka sepanjang waktu, semuanya dipantau dari awal sampai pada masa penelitian berakhir. Hasilnya para peneliti menemukan bahwa para ibu yang memberikan ASI untuk anak mereka mulai dari 6 bulan berturut-turut memiliki resiko lebih kecil sampai dengan 47% untuk terkena penyakit diabetes. Sementara itu, ibu yang menyusui tidak sampai 6 bulan maka resiko untuk terkena diabetes akan menurun sampai dengan 25 persen. Diabetes yang bisa turun resikonya adalan diabetes tipe 2 yang terkenal tidak terdeteksi pada awal mula kemunculannya.

Para ilmuwan percaya bahwa ada alasan biologis mengapa menyusui baik sekali bagi ibu dan bayi, serta dapat melindungi dari diabetes. Mengapa? Sebab diketahui bahwa memberikan ASI kepada si buah hati, dapat meningkatkan kadar hormon yang mengontrol kadar insulin dalam darah dan juga gula. Hal tersebut juga dapat membantu menurunkan berat badan bagi ibu yang baru saja melahirkan. Penelitian juga menemukan bahwa bayi yang mendapatkan ASI secara eksklusif, mendapatkan lebih sedikit masalah kesehatan, seperti misalnya infeksi dada, bayi juga cenderung tidak memiliki penyakit lainnya seperti diabetes atau obesitas setelah bertambah menjadi dewasa.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh bayi bila mengkonsumsi ASI secara eksklusif.

1 – Banyak zat kaya yang sangat bermanfaat untuk bayi

Bila dibandingkan dengan produk lainnya, ASI sangat lebih unggul dan tidak dapat terkalahkan. Bila produk susu formula atau susu kalengan terbuat dari bahan dasar susu sapi, maka ASI lebih baik daripada susu sapi. ASI memiliki kandungan yang sangat luar biasa seperti DHA, AA, Omega 6, taurin, protein, laktobasilus, kolostrum dan lain-lain. Tentu saja ASI lebih baik dibandingkan dengan susu jenis apapun.

2 – ASI sebagai media bonding ibu dan anak

ASI sendiri selain kandungannya amat sangat baik untuk anak, ASI juga memiliki fungsi lain yakni sebagai alat untuk mempererat hubungan bayi dan anak. Bayi akan dekat dengan orang yang sering dekat dengan dirinya. Kontak fisik antara ibu dan bayi yang terjalin dengan sangat intens akan membuat bayi mengenali ibunya meskipun pada dasarnya bayi belum bisa melihat dengan jelas.

3 – ASI memberikan kekebalan yang optimal pada bayi

Kekebalan tubuh bayi akan meningkat bila sedari keci sudah diberikan ASI sebagai konsumsi sehari-hari. Asi sendiri memiliki kemampuan yang sangat optimal untuk membantu memperkuat imun bayi. Hasilnya dapat dibandingkan antara bayi yang konsumsi asi ekslusif dengan yang tidak.

4 – ASI tidak pernah basi dan selalu segar

Beda halnya dengan susu lainnya, ASI tidak akan penah basi bila berasal dari payudara sang ibu langsung. Jadi bayi akan mendapatkan minuman yang terjaga kesegarannya.

Itulah tadi manfaat asi bagi ibu dan anak yang ternyata sangat luar biasa sekali.

One Reply to “Manfaat ASI Bagi Ibu dan Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *