Nama Yang Tidak Boleh Diberikan Pada Anak - Anak Islam
Keluarga

Nama Yang Tidak Boleh Diberikan Pada Anak – Anak Islam

Spread the love

As-Ansar – Nama yang disematkan kepada seseorang mempunyai makna tersendriri. Nama itu diberikan oleh orang tua kepada seorang anak dengan menaruh harapan kepada sang anak sesuai namanya. Nama untuk seseorang pun bermacam-macam mengikuti setiap perkembangan jaman. Kalau dulu di Indonesia mayoritas masyarakatnya menggunakan nama dengan awalan Su, sedangkan masa-masa sekarang nama seseorang mulai modern atau bahkan tidak sesuai dengan ajaran islam. Agama islam pun mengajarkan untuk memberikan nama kepada seorang anak dengan arti yang baik agar kelak sang anak bisa sesuai namanya. Karena bagi agama islam nama seperti layaknya doa. Setiap nama dipanggil oleh orang lain, maka akan dicatat oleh malaikat sebagai panjatan doa dari orang lain kepada seseorang tersebut.

Nama Yang Tidak Boleh Diberikan Pada Anak – Anak Islam

Berikut beberapa nama yang wajib dihindari oleh para orang tua muslimin saat memberikan nama kepada sang buah hati, yakni : pertama hindari nama-nama Suzana,Azana yang intinya nama dengan akhiran Zana, sebab nama zana memiliki makna berzina. Pasti orang tua tidak ingin anaknya selalu berzina dimasa mendatang saat sudah besar nanti. Jadi jangan pernah sekalipun menggunakan nama ini untuk anak. Walaupun, harapan sang orang tua tidak sesuai dengan nama Zana yang diberikan kepada anak. Tetapi, anak tersebut seakan didoakan oleh orang-orang sekitarnya yang memanggil nama anak dan malaikat mencatat sebagai doa. Begitupula dengan nama Wati yang artinya bersetubuh. Jika tetap ingin menyematkan nama Wati pada anak lebih baik digabung dengan nama-nama indah hingga membuat makna nama tersebut berubah. Kemudian nama Zaqwan/Zaquan yang jika diartikan menjadi anak jin. Ada Qistina, apabila diarttikan menjadi penghulu jin. Nama Balqis pun seharusnya tidak diberikan kepada anak karena artinya yang ternyata ketua jin. Najwa bisa digunaka apabila nama gabungannya memiliki arti sesuai dengan nama Najwa agar menjadi arti nama yang bagus, sebab memiliki arti bisikan.  Di kalangan masyarakat nama Haikal pasti tidak asing ditelinga kita, namun nama itu artinya tengkorak. Siapa yang ingin menganggap anak kita seperti tengkorak dengan tetap memberikan nama Haikal ke seorang anak. Nama Badrisha/Badlisha/Herisha juga tidak baik artinya untuk diberikan kepada anak. Terakhir nama Michael/Mikhael yang kenyataannya nama ini sering digunakan oleh kaum Kristen dan Yahudi untuk memperrcayai sejarah agama. Mikhael dipercaya sebagai malaikat dan sering namanya digunakan oleh para raja penguasa pada perjanjian lama kitab Yahudi maupun Kristen.

Nama Yang Tidak Boleh Diberikan Pada Anak – Anak Islam

Nama-nama itu wajib dihindari dan tidak diberikan kepada anak. Memang kedengarannya keren dan bagus sesuai era modern ini, akan tetapi nama itu bisa menjadi malapetaka bagi diri seseorang. Sebaiknya sebelum memberikan anak sebuah nama, hal ini wajib dilakukan oleh orang tua untuk mempunyai banyak referensi dari berbagai sumber saat ingin memberikan nama. Jika perlu memberikan nama-nama bagi anak dari nama para Rosul, sahabat-sahabat nabi Muhammad, istri-istri nabi Muhammad dan para syuhada. Dengan begitu sang anak yang akan tumbuh menjadi dewasa dapat mewarisi karakter, sifat, kepribadian diri dari pemilik nama sebelumnya. Contoh nama Muhammad/Ahmad artinya dirahmati, berdoa dan dimiliki oleh nabi Muhammad SAW yang terkenal dengan karakter amanah,bijaksana, sabar, tawakal bisa dicerminkan bagi seseorang memakai nama tersebut. Khodijah artinya dapat dipercaya atau anak pertama ini merupakan nama dari istri Rasulullah yang orangnya sabar, lemah lembut, ikhlas. Semoga artikel ini dapat membantu orang tua yang sedang bingung mencarikan nama untuk buah hati tercinta.

One Reply to “Nama Yang Tidak Boleh Diberikan Pada Anak – Anak Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *