Tips Hemat Saat Ramadhan Agar Kantong Aman
Inspirasi

Tips Hemat Saat Ramadhan Agar Kantong Aman

Spread the love

Bulan ramadhan sudah di depan mata. Bulan ramadhan identik dengan makanan bergizi dan minuman manis, sehingga  konsumsi masyarakat meningkat. Fenomena ini memicu kenaikan harga khususnya bahan pangan. Bahkan kenaikan harga sudah terjadi jauh sebelum bulan puasa. Harga bahan pangan merangkak naik sedikit demi sedikit dan mencapai puncaknya biasanya beberapa hari sebelum hari raya idul fitri.

Tips Hemat di Bulan Ramadhan

Menghitung pengeluaran setiap selesai berbelanja

Tingkat konsumsi masyarakat yang meningkat pada bulan puasa menyebabkan meningkatnya pula harga beberapa bahan pokok seperti beras, gula, minyak, telur dan bahan lainnya. Kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok saat menjelang ramadhan sepertinya merupakan hal yang biasa dan selalu terjadi ketika menjelang ramadhan. Naiknya harga bahan pokok selalu dihadapi oleh konsumen terutama terutama ibu rumah tangga yang memang setiap harinya membutuhkan bahan bahan tersebut untuk menyiapkan makanan kepada anggota keluarganya. Ibu rumah tangga harus memutar otak dan pandai mengatur keuangan agar tidak sampai jatah bulanan habis untuk membeli bahan pokok saja. Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa dipakai ketika menghadapi situasi seperti ini:

1. Membuat daftar belanja.

Membuat daftar belanja sebelum berbelanja merupakan hal yang penting. Hal ini untuk  menghindari membeli bahan yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Biasanya ibu rumah tangga menjadi lapar mata bahkan kalap berbelanja ketika melihat diskon atau promo-promo yang banyak di tawarkan oleh supermarket saat ramadhan. Daftar belanja juga berguna agar pengeluaran rumah tangga dapat dikontrol.

2. Menghitung pengeluaran setiap selesai berbelanja.

Jika anda berbelanja di pasar catatlah total belanjaan anda setiap selesaib erbelanja. Jika berbelanja di supermarket, simpanlah struk belanja anda. Hitung semua total pengeluaran ketika sudah sampai rumah. Dengan begitu anda bisa tahu berapa yang sudah anda keluarkan hari itu untuk berbelanja. Hindari pula membayar menggunakan kartu kredit/debit untuk menghindari pengeluaran berlebih.

3. Menyimpan stok bahan makanan.

Stok bahan makanan sangat penting apalagi ketika harga bahan tersebut sudah mulai mengalami kenaikan. Menyimpan stok bahan makanan yang dapat bertahan lama merupakan solusi yang baik. Perhatikan bahan yang akan anda siapkan sebagai stok.. Bahan makanan yang dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama misalnya beras, minyak, gula, bumbu bumbu dapur, kentang. Anda juga bisa menyimpan telur, daging, maupun ayam, tetapi pastikan anda simpan di lemari es dengan suhu dibawah 0°, namun bahan-bahan ini mempunyai daya tahan yang lebih pendek dibandingkan bahan-bahan di atas. Jika disimpan terlalu lama akan mempengaruhi kualitas bahan itu sendiri.

4. Mengatur jadwal untuk berbuka puasa bersama.

Saat puasa biasanya dijadikan ajang untuk reuni atau acara berkumpul dengan teman lama misalnya saat sekolah atau kuliah maupun rekan kerja. Ajang berkumpul ini dibarengi dengan acara buka bersama. bahkan sebelum puasa pun sudah banyak yang merencanakan untuk mengadakan buka bersama. Pastinya anda juga sudah banyak mendapat undangan untuk menhadiri buka bersama di banyak tempat, baik dengan teman atau rekan kerja. Keuntungan buka bersama selain bisa melepas kangen juga memperat silahturahmi antar teman serta memperluas link pertemanan. Tetapi ingat bahwa ketika berbuka puasa bersama pengeluaran juga akan bertambah. Jadi, bijaklah dalam memilih acara buka bersama. Misalnya ramadhan tahun lalu anda sudah mengikuti acara buka bersama dengan teman sma, tahun ini anda tidak perlu mengikuti acara buka bersama dengan teman sma. jadi Ramadhan tahun ini anda bisa mengambil undangan buka bersama di tempat lain misalnya teman kuliah atau rekan kerja.

Itulah beberapa tips yang mungkin bisa anda terapkan dalam menghadapi bulan ramadhan. Anda tetap bisa menikmati bulan puasa tanpa perlu khawatir kantong jebol. Keuangan anda akan lebih terkontrol dan aman dari kehabisan uang. Semoga sedikit ulasan tadi bermanfaat untuk anda.